Skip to content

Teknologi 5 Tahun Mendatang yang Diramalkan IBM

December 27, 2011
tags:

JAKARTA, KAMIS– Tiap tahun, IBM merilis apa yang disebutnya dengan ramalan 5in5, yang artinya 5 teknologi yang bakal terjadi dalam 5 tahun ke depan. Di ramalan IBM sebelumnya banyak teknologi yang ternyata benar-benar menjadi nyata. Lalu, apa ramalan 5in5 di tahun ini?

1. Manusia akan jadi pembangkit listrik

Pernah nonton film Matrix kan? Dalam film itu diceritakan bagaimana sebuah mesin super pintar berperang melawan kaum manusia. Yang menarik, mesin-mesin tersebut justru dihidupkan dengan “batere” manusia yang dipelihara mesin sejak lahir sampai meninggal.

Tidak seekstrim cerita di atas memang, namun teknisi IBM, Harry Kolar, mengatakan bahwa energi yang dihasilkan manusia, misalnya saat berjalan, ternyata bisa digunakan untuk mengisi ulang batere ponsel yang tiris. “Berjalan melibatkan beragam energi dinamis. Hentakan kaki dan tekukan sol sepatu melepas banyak energi terdisipasi,” jelasnya. Kasus lain dicontohkan Harry saat kita bersepeda, dimana energi yang dihasilkan dalam putaran roda ditampung dalam batere untuk kemudian digunakan menjalankan peralatan dapur.

2. Kita tidak lagi butuh password

Yang ini bisa jadi sudah mendekati kenyataan. Dr. David Nahamnoo yang juga tergabung dalam tim riset IBM mengatakan bahwa dalam 5 tahun teknologi biometrik akan menggantikan fungsi password teks yang saat ini umum dipakai.

Biometrik yang dimaksud David adalah hal-hal unik yang ada di setiap orang, misalkan cara bicara, cara bergerak, kode genetik yang ada di dalam tubuh seperti iris mata, sidik jari, dan lain sebagainya. “Dengan mengombinasikan berbagai jenis biometrik dengan metodologi yang berbeda kita bisa meningkatkan keamanan,” jelas David. Beberapa kombinasi yang menurutnya bisa digunakan dan akan populer di masa depan adalah kartu identitas, genetik (termasuk suara, raut muka, sidik jari, dan sebagainya) serta informasi rahasia yang cuma diketahui personal.

Kalau sudah begini, kita tidak lagi repot menghafal 50 password berbeda.

3. Membaca pikiran bukan lagi fiksi ilmiah

Orang yang bisa membaca pikiran biasanya dianggap punya indra keenam. Tapi menurut Kevin Brown (IBM Software Group’s Emerging Technologies), 5 tahun ke depan teknologi pun bisa melakukan itu.

“Idenya membaca sinyal elektrik sinaps yang dihasilkan aktifitas otak menggunakan komputer untuk diolah supaya bisa melakukan kegiatan keseharian, seperti mengoperasikan ponsel, menghidupkan lampu, dan lain-lain” ujar Kevin. Alat pembaca aktifitas otak pun sudah dikembangkan lama oleh Emotiv. Alat bernama EPOC ini punya sensor yang menempel di kepala dan bisa membaca implus elektrik yang dihasilkan otak.

“Salah satu contoh sukses yang ditunjukkan software milik Emotiv adalah menggerakkan gambar kubus yang ada di layar komputer hanya dengan memikirkannya,” tambah Kevin. Yang menarik, bukan cuma Emotiv yang suskes membaca pikiran. Peneliti di Universitas Berkeley bahkan berhasil memvisualkan apa yang sedang kita pikirkan atau impikan.

4. Perangkat mobile akan mengubah cara hidup orang

Dalam ramalan IBM, di tahun 2017 mendatang 80% dari populasi dunia akan memiliki perangkat mobile sebut saja seperti ponsel atau smartphone. Kemudian, perangkat-perangkat ini akan mengubah cara hidup orang.

“Saat ini dengan menggunakan telepon seluler, orang bisa memeriksa jumlah uangnya di bank, melihat televisi, dan tentu saja menelpon, namun tetap bergantung dengan posisi kita saat ini serta harus dilakukan manual,” kata Paul Bloom (IBM’s Chief Technology Officer untuk riset telekomunikasi). Menurut Paul, di masa mendatang, ponsel yang otomatis membantu  kita, misalkan dengan menyarankan makanan terbaik hari ini berdasarkan kondisi kesehatan, lokasi kita berada, selera, sampai jumlah dana yang kita miliki saat ini. Dengan konsep serupa akan banyak petani yang terbantu mengenai informasi cuaca dan saat yang tepat untuk bercocok tanam.

5. Spam akan jadi sahabat

Meskipun terdengar konyol, tapi Jeff Jonas, seorang analis entitas dari IBM punya perkiraan berbeda tentang email iklan sampah alias spam. Email mengganggu ini menurutnya bisa “diolah” dan bakal jadi sangat dibutuhkan jika disajikan pada saat yang tepat.

Jeff mencontohkan, ketika ada seorang pengguna teknologi yang mendaftar ke beberapa layanan iklan. Dalam 4 hari kedepan si pengguna tidak menerima iklan apapun. Tapi ketika ia hendak pergi untuk meeting, tiba-tiba di ponselnya muncul email yang menginformasikan untuk melewati rute tertentu untuk kemudian bersantai sejenak di Starbucks yang ada beberapa blok dari sana. Pengguna yang bingung kemudian mereply dengan karakter “?” dan kembali dibalas bahwa di rute yang akan dilewati terdapat kecelakaan hebat yang mengakibatkan kemacetan super panjang.

Contoh kasus tadi menurut Jeff bakal umum terjadi di masa depan dengan adanya teknologi analisis masif terhadap data yang tersebar. Termasuk data yang saat ini dianggap sebagai sampah seperti spam tadi.

“Kami di IBM sedang menjajaki teknologi ini melalui proyek yang disebut dengan massively scalable sensemakin analytics. Dan kedepannya Anda akan terbantu dengan layanan iklan tadi sesuai kondisi dan saat yang tepat bagi konsumennya,” tambah jeff.

 

Sumber : PC Plus

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: