Skip to content

12-12-1901: Marconi Ciptakan Komunikasi Radio

December 12, 2011
tags:
Dia sempat dicemooh banyak orang bahwa mustahil mengirim transmisi radio jarak jauh
Renne R.A Kawilarang

Guglielmo Marconi (Wikimedia Commons)

VIVAnews – Pada 111 tahun yang lalu, seorang fisikawan dan pelopor teknologi radio asal Italia, Guiglielmo Marconi berhasil menciptakan komunikasi lewat transmisi radio lintas Atlantik untuk kali pertama.

Pengiriman gelombang radio dari Benua Eropa ke Benua Amerika dengan melintasi Samudera Atlantik tanpa kabel itu merupakan salah satu  pencapaian luar biasa dalam teknologi komunikasi.

Menurut stasiun televisi The History Channel, pencapaian itu sekaligus jawaban dari Marconi kepada sejumlah kalangan yang mencela dia. Menurut mereka saat itu, mustahil bisa mengirim sinyal radio ke tempat yang begitu jauh karena, berdasarkan bentuk lengkungan Bumi, transmisi hanya bisa terkirim paling jauh 200 mil.

Cibiran dari kaum skeptis itu justru memacu semangat Marconi untuk membuktikan bahwa mereka salah. Dia dan rekan-rekannya mendirikan antena khusus sepanjang kurang lebih 150 meter sebagai salah satu komponen pengirim dan penerima sinyal radio. Upayanya tidak percuma.

Pada 12 Desember 1901 di Kota Newfoundland, Kanada, Marconi akhirnya menerima pesan berbentuk sandi Morse mewakili huruf “S” dari rekannya di Cornwall, Inggris. Padahal, jarak kedua tempat itu lebih dari 2.000 mil

Sebelumnya, Marconi berkali-kali mengirim pesan ke Inggris tanpa ada balasan. Namun, setelah keberhasilan itu, penemuan Marconi menerima pengakuan dunia. Pada 1909, Marconi menerima Penghargaan Nobel bidang fisika.

• VIVAnews

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: